Teknik Paling Mudah Menonaktifkan Windows Defender

Menonaktifkan Windows Defender

Walau merupakan antivirus bawaan dari Microsoft, Anda bisa menonaktifkan Windows Defender dari perangkat laptop atau komputer. Yaitu dengan menonaktifkan untuk sementara waktu atau secara permanen. Berikut ulasannya.

Cara Menonaktifkan Windows Defender yang Simpel dan Mudah

Kehadiran Windows Defender sebenarnya sangat berguna karena bisa melindungi perangkat dari aneka program di internet yang berbahaya.

Namun, terkadang membuat jengkel karena ada beberapa file yang sebenarnya bukan merupakan ancaman namun diblokir oleh Windows Defender karena dianggap berbahaya. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan antivirus dari Microsoft tersebut.

Cara Sementara Menonaktifkan Windows Defender

Untuk menonaktifkan sementara antivirus Windows Defender bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

~ Tekan “Start” di bagian papan ketik (keyboard) lalu ketika “Windows Security” dan tekan “Enter”.

~ Pilihlah menu atau opsi di layar monitor yang bertuliskan “Virus & Threat Protection“.

~ Klik opsi “Manage” dan nonaktifkan opsi “Real-Time Protection”.

~ Jika tombol opsi tersebut warnanya berubah menjadi hitam, itu tandanya fitur antivirus Windows Defender berhasil dinonaktifkan.

Perlu diketahui, cara ini hanya bersifat sementara saja karena pada sistem terdapat pemindaian terjadwal yang akan mengaktifkan kembali Windows Defender secara berkala.

Cara Permanen

Terdapat dua cara untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen, kedua cara menonaktifkan antivirus tersebut diantaranya adalah:

Melalui Registry

Cara yang pertama untuk menonaktifkan antivirus dari Microsoft adalah melalui Registry, yaitu:

~ Tekan Win + R untuk membuka perintah “Run” pada komputer atau laptop Anda.

~ Di bagian kotak yang muncul, ketiklah “regedit” dan kemudian klik opsi “OK”.

~ Akan muncul menu “Registry”. Kemudian, carilah folder bertuliskan “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender” yang ada di bagian navigasi sebelah kiri layar monitor Anda.

~ Sedangkan di bagian kanan navigasi ada opsi berupa file “DisableAntiSpyware“.

~ Pindahkan data nilai ke angka “1” dan klik “OK” untuk menonaktifkan antivirus. Jika ingin mengaktifkan kembali, pindahkan ke angka “0 (nol)”.

Melalui Local Group Policy

Cara kedua untuk menonaktifkan antivirus Windows Defender adalah melalui Local Group Policy, yaitu:

~ Tekan Win + R untuk membuka kotak  “Run” pada layar perangkat yang Anda gunakan.

~ Ketik “gpedit msc” dan kemudian klik menu “OK”.

~ Cek bagian “Computer Configuration“.

~  Buka folder “Administrative Templates“, lalu pilih opsi “Windows Components“, kemudian klik menu “Windows Defender“. Lakukan klik sebanyak dua kali dan kemudian klik menu “Enabled” di bagian kiri layar monitor. Maka, antivirus akan dinonaktifkan secara permanen.

~ Jika ingin mengaktifkannya kembali, Anda bisa mengubah menu “Enabled” menjadi “Disabled” lalu tekan opsi “Apply” dan klik “OK”. Kemudian, lakukan restart.

Aplikasi antivirus dari Microsoft ini memang cukup berguna, namun bisa mengganggu aktivitas karena ada kemungkinan file yang dibutuhkan menjadi terblokir karena dianggap berbahaya bagi perangkat yang Anda gunakan.

Agar kinerja tidak terganggu, Anda bisa memilih apakah akan menonaktifkan Windows Defender secara permanen atau hanya bersifat sementara saja. Selamat mencoba.